You could put your verification ID in a comment

SCM Music Player

Saturday 4 January 2014

Mengenal Local Area Network

Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

 SEJARAH LOCAL AREA NETWORK :

Peningkatan permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium riset pada akhir tahun 1960an membutuhkan tersedianya interkoneksi kecepatan tinggi antar sistem komputer. Sebuah laporan dari Lawrence Radiation Laboratory pada tahun 1970 menjelaskan pertumbuhan jaringan Octopus mereka memberikan indikasi situasi yang bagus.
Cambridge Ring dibangun di Universitas Cambridge pada tahun 1974 namun tidak sukses sampai ke tahap produk komersial.

Pengkabelan :

Pengkabelan jaringan wilayah lokal generasi awal berbasis pada berbagai variasi kabel koaksial. Kabel terpilin berpelindung digunakan pada penerapan jaringan lokal Token Ring IBM. Tahun 1984, StarLAN memamerkan potensi yang lebih sederhana dari kabel terpilin tanpa pelindung menggunakan kabel kategori 3 (Cat3) yang sama dengan kabel yang dipergunakan untuk sistem telepon. Sistem ini sukses memimpin pengembangan 10Base-T dan kabel tersusun masih menjadi dasar banyak jaringan lokal komersial saat ini. Sebagai tambahan, kabel serat optis semakin banyak dipergunakan dalam aplikasi komersial.
Ketika kabel tidak selalu memungkinkan, jaringan tanpa kabel Wi-Fi sekarang sangat umum dipergunakan di perumahan dan tempat lain untuk kepentingan perangkat bergerak ringan.

Kelebihan Local Area Network :
  1. Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
  2. Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam meri
  3. Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi
  4. Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
  5. Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem
  6. Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem conect one by one
Kekurangan Local Area Network :
  1. Instrumentasi tidak sederhana
  2. Ada kemungkinan password dapat ditembus
  3. Perlu pengendali pemakain software
  4. Software harus dirancang untuk multi user
  5. Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
  6. Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan. 

No comments:

Post a Comment