You could put your verification ID in a comment

SCM Music Player

Friday 31 May 2013

Pengertian Topologi Tree


Topologi Pohon adalah kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus. Topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

Ciri-ciri fisik Topologi Tree:
#Merupakan  kombinasi dari Topologi Bus dan Topologi Star,  yaitu terdiri dari kumpulan Topologi Star yang dihubungkan dalam 1 Topologi Bus sebagai jalur backone. Oleh karena itu untuk memahami Topologi Tree , kita lebih dulu harus memahami Topologi Bus dan Topologi Bintang.

#Atau juga merupakan kumpulan Topologi Star,   yaitu sentral-sentral dengan tingkat hirarki yang berbeda dihubungkan point to point sebagai backbone, oleh karena itu Topologi Tree disebut juga Topologi Bertingkat atau Topologi Hierarki.

#Topologi Tree yang merupakan kumpulan Topologi Star setidaknya harus memiliki 3 tingkat(faktor percabangan 2).  Sentral Root artinya sentral induk(sebagai tingkat 1) terhubung ke satu atau dua sentral cabang(sebagai tingkat 2).  Kemudian sentral cabang tingkat 2 terhubung ke satu atau dua sentral cabang (sebagai tingkat 3). Sentral Root diharapkan memiliki fungsi lebih daripada sentral cabang dari tingkat hirarki yang lebih rendah.Sedangkan node pada ujung-ujung jaringan /sentral disebut node perifer atau disebut juga end device. Dari hal yang demikian maka Topologi Tree disebut juga sebagai Topologi Extended Star.

Kelebihan topologi tree :
  • Memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point
  • Mengatasi keterbatasan pada topologi star, yang memiliki keterbatasan pada titik koneksi hub.
  • Topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang lebih mudah diatur
  • Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.
Kekurangan topologi tree :
  • Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
  • Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.
  • Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya, termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan.
  • HUB menjadi elemen kritis.

1 comment:

  1. Teknologi: Pengertian Topologi Tree >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Teknologi: Pengertian Topologi Tree >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Teknologi: Pengertian Topologi Tree >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete